Shell Motivasi Anak Muda Di Surabaya Menjadi Wirausaha Muda Melalui Shell LiveWire – Bright Ideas Workshop
09/08/2007
Sebagai salah satu rangkaian dari program Shell LiveWIRE, hari ini Shell menggelar Shell Bright Ideas Workshop di Gedung Graha Pena, Surabaya. Workshop ini merupakan workshop yang ketiga kali, setelah sebelumnya Shell Indonesia juga menggelar kegiatan yang sama di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta sejak awal Juni lalu.
Workshop yang bertujuan untuk memotivasi serta memberikan inspirasi bagi anak-anak muda untuk menjadi wirausahawan ini dihadiri lebih dari 100 peserta di setiap kotanya. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak muda, baik pria maupun wanita yang memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi, dengan rentang usia antara 18 hingga 32 tahun.
Fathia Syarif, Media Relations & External Communications Manager PT. Shell Indonesia, dalam sambutannya mengungkapkan tujuan workshop ini, “Di masa sekarang ini makin sulit dirasakan bagi para lulusan muda untuk mendapatkan langsung pekerjaan selepas sekolah, ditambah lagi dengan makin ketatnya persaingan kerja dan makin sempitnya lahan pekerjaan. Kami berharap, materi-materi yang disampaikan para pembicara yang sudah berpengalaman dalam membangun kewirausahaan di Indonesia ini dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan acuan sekaligus referensi awal bagi para peserta untuk membangun bisnis kewirausahaan mereka.”
“Dalam sejarahnya, Shell juga mengawali usahanya dari semangat kewirausahaan yang tinggi. Oleh karena itu, guna menumbuhkan semangat kewirausahaan tersebut kami menyelenggarakan program Shell LiveWIRE yang diperuntukan bagi anak-anak muda di Inonesia, termasuk juga anak-anak muda di Surabaya yang terkenal kreatif dan inovatif melalui Shell Bright Ideas Workshop ini,” sambung Fathia.
Shell Bright Ideas Workshop merupakan bagian dari program Shell LiveWIRE, yang juga dilaksanakan di lebih dari 20 negara tempat Shell beroperasi. Di Indonesia, program ini diselenggarakan dengan Indonesian Business Link (IBL) sebagai mitra pelaksana.
Sri Wahyu Endah, Social Investment Manager PT Shell Indonesia, menanggapi hasil dari workshop yang telah diadakan di tiga kota sebelumnya, menceritakan sedikit pengalamannya, “Di setiap kota penyelenggaraannya, kami selalu menemukan ide-ide cemerlang yang berhasil dilontarkan oleh para peserta, khususnya pada saat working group session, bentuk ide-ide tersebut sangatlah beragam dan unik, yang sering kali tidak terpikirkan oleh kami sebelumnya.”
“Melihat daya kreatifitas yang sangat cemerlang dan inovatif serta semangat mereka yang sangat tinggi untuk berwirausaha yang ditunjukkan oleh para peserta workshop ini menjadikan kami semakin kuat untuk terus berkomitmen mendukung serta memotivasi anak-anak muda menjadi wirausahawan yang berhasil di Indonesia, melalui program Shell LiveWIRE,”ujar Endah.
Selain menggelar lokakarya yang rencananya akan berlangsung di 24 kota di Indonesia sepanjang tahun 2007 hingga 2008, program ini juga akan menggelar kegiatan Shell Bright Ideas Start-Up Awards dan Expo, Shell Bright Ideas Workshop untuk beberapa perguruan tinggi , serta kegiatan mentoring dan konseling bagi para wirausahawan muda yang berhasil lolos dalam seleksi.
Dalam Shell Bright Ideas Workshop akan dihadirkan wirausahawan yang berhasil untuk berbagi ilmu dan tips seputar kesuksesan mereka dalam membangun serta mengelola usaha. Khusus di Surabaya, Shell akan menghadirkan Listianto, seorang pengusaha Sate Lisidu, di Surabaya yang telah berhasil membawa sate-nya hingga ke Istana Negara. Selain itu, juga akan dihadirkan pengusaha muda yang diharapkan dapat memotivasi semangat para peserta untuk segera menyusul menjadi seorang wirausahawan pemula.
Para peserta juga akan menerima buah buku panduan memulai bisnis yang telah disadur dalam bahasa Indonesia, dengan materi-materi : Membuka Potensi Diri Anda (Unlock your Potential), Ide Cemerlang (Bright Ideas) – versi buku peserta, Penelitian Pasar Untuk Pertama Kalinya (Market Research for the First Time), Menulis Rencana Bisnis Anda Untuk yang Pertama Kali (Writing your first Business Plan), serta Panduan Penjualan & Pemasaran (Sales & Marketing Guidelines).
Sementara dalam acara Shell Business Start-Up Award yang rencananya akan digelar pada bulan November mendatang di Jakarta akan berisi kegiatan presentasi dari para wirausahawan muda yang telah berwirausaha maksimal dua tahun, yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada wirausahawan terbaik, serta Shell Bright Ideas Exhibition, yakni sebuah expo yang menampilkan hasil kerja wirausahawan muda di Indonesia.
Untuk jasa mentoring dan konseling sendiri akan diberikan secara gratis kepada para wirausahawan muda, berupa usaha pendampingan serta pengarahan yang diberika, khususnya bagi mereka yang baru saja memulai bisnis mereka.
Rabu, 14 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar